LAMPU PENERANGAN JALAN SOLAR CELL

LAMPU penerangan jalan adalah bagian dari bangunan pelengkap jalan yang dapat diletakkan di kiri/kanan jalan dan atau di tengah (di bagian median jalan), yang digunakan untuk menerangi jalan maupun lingkungan di sekitar jalan yang diperlukan, termasuk persimpangan jalan (intersection), jalan layang (interchange, overpass, fly over), jembatan dan jalan di bawah tanah (underpass, terowongan).


Spesifikasi umum adalah Waktu Operasi minimal 12 jam (dalam satu hari), Otonomi Cadangan operasi minimal 3 hari (kondisi tidak ada matahari), Tegangan Operasi nominal min 24 Volt DC, Solar Modul type PolyCristaline/MonoCristaline, Charge Controller min 24 volt dan min 10 A, Lampu hemat energi, Baterai deep cycle maintenance free, Box Baterai Besi plat galvanis, Tinggi Lampu 7-9 meter, serta Umur Teknis 3 Tahun (kondisi menyala) minimal 12 jam.

Spesifikasi Perangkat

  • Panel Surya berfungsi sebagai catudaya yang menghasilkan energi listrik dari energi matahari dengan kapasitas total min 200 Wp (dengan lengan tunggal). Spesifikasi Modul Surya adalah Tegangan Kerja min DC 24 volt, Efisiensi 13.5%, Umur teknis 15 tahun, dan Panel surya dilengkapi nomor seri produk dan nama pabrikan.
  • Baterai berfungsi untuk menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh tenaga surya. Kapasitas total Baterai min 24 Volt 50-85 Ah. Spesifikasi baterai jenis deep cycle maintenance free khusus solar cell, Tegangan Kerja (DC) min 24 volt, Umur teknis min 3 tahun, dan Cycle life 1000 cycle.
  1. Battery Control Unit (BCU) berfungsi untuk mengatur proses pengisian (charging) dan pemakaian batere (discharging) agar baterai berada dalam keadaan aman. BCU ditempatkan di dalam kotak baterai. Spesifikasi BCU adalah Tegangan Kerja min 24 Volt, Kapasitas arus masuk/keluar 10 A, Self Consumption < 10 mA, Otomatis beban terputus jika tegangan baterai rendah, mempunyai tingkat indikator pengisian dan sudah termasuk otomatis sun switch, dan dapat diprogram agar energi harian yang digunakan untuk menyalakan lampu tidak melebihi dari energi harian yang dihasilkan panel Surya.
  2. Kotak Baterai merupakan tempat atau rumah pengaman untuk menempatkan peralatan seperti baterai, BCU (charge controller), dan terminal dengan jenis outdoor agar terlindungi dari cuaca ekstrim dan kriminalitas. Kotak utama/baterai terbuat dari bahan non korosif. Pada Kotak Baterai diberi nomor kodefikasi untuk keperluan database dan memudahkan pemeliharaan, dengan spesifikasi Kotak Baterai bahan besi plat galvanis dan ukuran disesuaikan dengan volume baterai yang akan disuplai.


  • Lampu  berfungsi untuk mengubah energi listrik menjadi energi cahaya sehingga dapat menerangi area jalan pada malam hari. Spesifikasi Lampu adalah jenis Lampu Hemat Energi, Proteksi IP65, Daya tahan (masa pakai) >50.000 jam, Warna cahaya 3000-5000 Kelvin, Voltage min 24 volt, Efficiency of light 90%, dan Kualitas Pencahayaan pada suatu jalan diukur berdasarkan metode iluminansi atau luminasi berdasarkan SNI 7391:2008.

Struktur Tiang Lampu

  • Bahan Besi galvanis
  • Bentuk tiang oktagonal / hexagonal
  • Umur Pakai 20 Tahun
  • Sudut Kemiringan 10-15 derajat.
  • Lengan tiang lampu dengan diameter tiang 4-6 in.
  • Pondasi Tiang menggunakan struktur beton dengan kekuatan K-250.
  • Tiang harus dibuat dengan konstruksi  yang kuat agar tidak mudah berkarat yang dilengkapi jeruji pengaman dan telah memiliki sertifikasi dari dalam atau luar negeri.
  • Dilengkapi dengan alat pengaman tiang terhadap tabrakan.

Pengkabelan
Tipe kabel yang digunakan adalah Kabel Tenaga menggunakan kabel NYFGBY 4x6 mm2.

Pada tiang lampu penerangan jalan umum dibubuhi Stiker perlengkapan jalan tulisan sumber pendanaan, tahun anggaran dan isi pasal 275 UU No 22 /2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

(Surat Dirjen Perhubungan Darat No: AJ.003/5/9/DRJD/2011)